Surat Cinta untuk Indah Dewi Pertiwi

9 May 2011

hipnotis-blogging-contest
AKU bisa membayangkan, ketika membaca surat ini Indah pasti sementara mengerutkan kening, mencoba mengingat-ingat kapan kita pernah berkenalan. Jika tak bisa mengingat, itu bukan karena Indah sudah pelupa atau menjadi pikun, karena kita sebenarnya memang tidak (atau belum) pernah berkenalan apalagi bertemu.

Kita berdua dipertemukan oleh nasib dan keberuntungan. Kita dipertemukan oleh keajaiban dunia maya dan kebaikan hati pihak Blogdetik, yang menyediakan fasilitas nge-blog gratis ;)

Dalam surat ini aku ingin membicarakan video klip Hipnotis yang dinyanyikan Indah. Aku telah menyaksikan video klip itu 4 kali, dan ketika membuat tulisan ini suara Indah yang merdu menari-nari di gendang telinga. Ada tiga kata yang paling tepat untuk menggambarkan video klip Hipnotis: Keren. Keren. Keren.

Sebagai penikmat musik sekaligus pecinta film, aku benar-benar dimanja oleh video klip itu. Aku disuguhi sajian yang membuatku nyaris tak pernah berkedip selama sekitar delapan menit. (Aku bilang nyaris karena tentu saja aku tak bisa tidak berkedip selama delapan menit, hehe).

Aku merasa dimanja, karena video klip itu kental dengan unsur film. Penyajian visual effeknya dahsyat. Walau beberapa bagian bukan merupakan hal yang baru, namun fakta bahwa video klip ini dibuat orang Indonesia sungguh membuat aku terkesan. Artinya, dari sisi kualitas sineas Indonesia tidak beda jauh dengan Hollywood, sepanjang ada dana yang menyokong.

Adegan ketika speaker berubah menjadi robot, dan kemudian robot-robot itu beralih rupa menjadi manusia, sungguh keren. Begitu juga ketika cairan bening bertransformasi menjadi manusia. Adegan itu bahkan terasa lebih mulus dibanding hal serupa yang aku lihat di film Terminator II, misalnya.

Aku juga menyukai adegan Indah bernyanyi dalam terpaan hujan, dan dalam beberapa detik Indah dan penari latar sudah bernyanyi dan menari di dalam air. Wow!!

Ide untuk membuat beberapa adegan teleportasi juga menarik. Teleportasi hanya aku temui di serial Star Trek, dan dalam video klip ini Indah dan teman-teman menyajikan nuansa yang baru. Selain penyajian lokasi yang indah, ide untuk melakukan teleportasi sekaligus time travel juga menarik. Adegan ketika Indah dan teman-teman terjebak dalam pertempuran di Ambarawa pada tiga masa waktu yang berbeda (1945, 2045 dan 2145) sungguh menakjubkan. Menarik sekali melihat bagaimana Indah dan teman-teman bernyanyi dan menari di sela-sela desingan peluru.

Dan puncaknya, ketika Jakarta ditelan tsunami dan tornado, yang sungguh mendebarkan!!

***

Video Klip Hipnotis tak hanya memanjakan penikmat musik dari sisi visual dan audio. Video klip itu juga menegaskan potensi Indah sebagai penyanyi generasi baru di Indonesia.

Dalam video klip itu secara eksplisit terlihat kalau Indah setidaknya punya tiga talenta. Memiliki tiga potensi.

Potensi pertama, tentu saja nyanyi. Indah memang bisa nyanyi, dengan suara yang jernih, bening dan eksotis. Dengan modal ini aku yakin Indah bisa bersaing dengan sesama penyanyi wajah baru maupun dengan mereka yang sudah lama eksis.

Potensi kedua, Indah bisa nge-dance. Di Indonesia, tak banyak penyanyi perempuan yang juga bisa meliukkan tubuh dengan pas. Hanya segelintir yang bisa nyanyi sekaligus nge-dance dengan ciamik. Bahkan sepanjang yang aku tahu, hanya Agnes Monica yang bisa melakukannya. Namun melalui video klip Hipnotis ini Indah setidaknya berhasil membuktikan kalau kebolehan nge-dance Indah tidak berada di bawah Agnes.

Potensi ketiga, akting. Memang dalam video klip yang hanya berdurasi sekitar delapan menit masih agar sukar bagi Indah untuk mengeksplorasi kemampuan akting. Namun ada beberapa adegan yang memperlihatkan potensi akting Indah. Adegan itu mampu diterjemahkan dengan sempurna, dan hanya dengan melihat senyum atau tatapan mata, aku, dan jutaan orang yang juga telah melihat video klip ini, bisa mendapatkan pesan.

***

Tentu saja, sebagai penyanyi yang masih tergolong pendatang baru, perjalanan yang akan ditempuh Indah dalam mengarungi dunia hiburan di Tanah Air masih sangat panjang. Apalagi tak bisa dipungkiri kalau persaingan di industri tarik suara sangatlah ketat, bahkan kejam. Namun dengan sederet potensi yang dimiliki, aku yakin kelak Indah akan mampu berbicara banyak dalam blantika musik di Tanah Air.

Dirilisnya video klip Hipnotis merupakan langkah awal yang cukup menjanjikan. Namun tentu saja tidak cukup sampai di situ. Berbagai kegiatan promosi tetap harus dilakukan, baik di acara musik televisi, wawancara media cetak dan elektronik (termasuk radio), show ke berbagai daerah, dan hal semacam itu….

Akhir kata, aku ucapkan selamat berjuang untuk Indah, selamat menapaki lika-liku dunia hiburan di Indonesia, dan selamat karena Indah kini telah menjadi bagian dari bisnis tarik suara di Indonesia.

Sukses untuk Indah

N.B

Aku yakin Indah membaca ’surat’ ini di sela-sela kesibukan dan jadwal yang padat. Jadi aku bisa memahami jika Indah tidak bisa membalas surat ini. Tapi tentu akan menyenangkan jika Indah berkenan membalas. Namun jika memang tak punya waktu, gak apa-apa. Untuk membalas, juga tak perlu melalui surat. Indah bisa membalas dengan cara lain. Mengirimkan iPad, misalnya. Hahahahahahaha (just kidding ;) )

Salam untuk semua keluarga….

Mpu Tantular


TAGS penyanyi Hipnotis Blogging Contest video klip blantika musik


-

Author

Follow Me